Buka Muscab IBI, Bupati Malaka: Bidan Primadona Dunia Kesehatan

oleh -923 views

Betun, LikuraiOnline.com — Bidan, sebagaimana halnya Perawat adalah Primadona di dunia kesehatan. Hal itu dikarenakan Bidan dan Perawat adalah petugas kesehatan yang selalu ada bersama masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Demikian diungkapkan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH ketika membuka Musyawarah Cabang Dan Pengukuhan Pengurus dan Anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Malaka di Glory Hall Betun, Selasa (03/12/2019).

Karena predikat tersebut, menurut Bupati Malaka, para Bidan harus meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilannya, baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan.

“Renovasi paling mujarab seorang Pegawai Negeri Sipil itu lewat pendidikan. Karena itu, permintaan dari Ketua IbI NTT untuk fasilitasi para Bidan untuk STR saya setujui Seratus Persen. Karena kami di Malaka punya rumus: uang rakyat dikembalikan kepada rakyat dan untuk rakyat tidak ada kata mahal dan tidak ada istila uang tidak ada”, ungkap Bupati Malaka.

Sebelumnya, Ketua Ikatan Bidan Indonesia, Provinsi NTT, Damita Palalangan, AMd. Kep, SKM., M.Hum meminta kesediaan Pemkab Malaka melalui Bupati untuk memfasilitasi pengurusan STR bagi para Bidan dengan nominal Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah per Bidan.

Bupati Malaka menambahkan, organisasi adalah alat yang digunakan untuk mencapai tujuan. Karena itu, nasihat saya, supaya para pengurus menggunakan organisasi untupk membina anggota untuk layani masyarakat seuai standar, dengan otak yang jerni dan hati yang mulia.

“Harapan saya, dengan teebentuknya IBI Kabupaten Malaka, bisa menjadi wadah sehering pengalaman, pemecahan persoalan tentang pelayanan di Rai Malaka. Susun program kerja dengan baik, terutama Capacity Building. Buat pelatihan dengan hadirkan pakar-pakar di bidang kebidanan juga disiplin ilmu lain”, ujar Bupati Malaka.

Pemerintah Kabupaten Malaka, lanjut Bupati, sangat membereri harapan kepada IBI untuk mengeliminasi angka kematian ibu dan anak melalui program Revolusi Krsehatan Ibu dan Anak (Revo KIA).

Muscab yang mengangkat tema: Bidan Melindungi Hak Kedehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perenpuan Dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan tersebut dihadiri 315 Bidan dari total 425 Bidan yang tergabung dalam IBI Cabang Malaka.

Hadir dalam acara pembukaan musyarawah cabang dan pengukuhan Pengurus dan Anggota IBI Malaka tersebut, Bupati Malaka, Ketua IBI NTT, Damita Palalangan, AMd.Kep.,SKM., M.Hum dan staf, Pimpinan DPRD Malaka yang diwakili Wakil Ketua 2, Hendrikus Fahik Taek, SH, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para Pimpinan Puskesmas Para Bidan se-Malaka, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat.*(john germanus)