Akreditasi Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan

oleh -1.372 views

Kupang, Likurai.com — Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan (PMR) BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Rahmad Khaidir mengatakan, setiap Rumah Sakit harus diakreditasi karena akreditasi merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh setiap Rumah Sakit.

“Akreditasi Rumah Sakit adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit setelah dilakukan penilaian oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Dan Setiap Rumah Sakit wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit setiap Tiga tahun,” jelas Khaidir, Kamis (2/5/2019) di Kupang.

Menurut Khaidir, agar dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, setiap Rumah Sakit harus terakreditasi karena hal itu telah diataur dalam Undang-Undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah sakit dan Permenkes nomor 34 tahun 2017 Tentang Akreditasi Rumah sakit.

Tujuan dari akreditasi terhadap setiap rumah sakit adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dan melindungi keselamatan pasien.

Meningkatkan perlindungan bagi masyarakat, meningkatkan sumber daya manusia di rumah sakit dan rumah sakit sebagai instituti, serta mendukung program pemerintah dibidang kesehatan serta  meningkatkan profesionalisme rumah sakit Indonesia di mata Internasional.

Didalam Peraturan Menteri Kesehatan nomor 56 tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perijinan Rumah Sakit mengatur bahwa setiap Rumah Sakit yang telah mendapatkan Ijin Operasional harus diregistrasi dan diakreditasi, “Registrasi dan Akreditasi merupakan persyaratan untuk perpanjangan Ijin Operasional dan perubahan kelas,” ungkap Khaidir.

Dan untuk terakreditasi maka persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah rumah sakit adalah memiliki Surat Ijin Operasional, Surat Penetapan Kelas Rumah Sakit, Surat Ijin Praktik (SIP) tenaga kesehatan yang berpraktik, serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan, dan juga Perjanjian kerja sama dengan jejaring, jika diperlukan, serta harus memiliki sertifikat akreditasi dan surat pernyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang terkait dengan JKN. (diana)