30 Hektar Lahan Warga Bisesmus Siap Diolah Traktor RPM

oleh -592 views

Betun, LikuraiOnline.com — 30 hektar lahan kering milik warga Desa Bisesmus, Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka siap diolah secara gratis dengan traktor yang disiapkan Pemkab Malaka untuk mendukung program Revolusi Pertanian Malaka (RPM).

Demikian diungkapkan Penjabat Kepala Desa Bisesmus, Willybrodus K. Khun kepada wartawan di Betun, Senin (23/09/2019).

Menurut Willy total lahan pertanian milik warga di Desa Bisesmus seluas 250 Hektar. Lahan seluas itu, kata Wily bisa dimanfaatkan untuk mendukung program prioritas Bupati Malaka, yakni Revolusi Pertanian Malaka.

Namun, kata Wily, lahan milik warga di Desa Bisesmus diolah secara bertahap, mengingat keterbatasan waktu kerja jika dibandingkan dengan jumlah traktor yang hanya 2 unit untuk melayani seluruh Kecamatan Laenmanen.

“Lahan masyarakat dibalik secara bertahap. Sebab, traktor RPM yang dijatahkan untuk Kecamatan Laenmanen hanya dua unit sehingga harus dijadwalkan dengan baik”, kata Kades Willy.

Menurut Wily, walau baru mendapat jatah balik tanah tahun ini, namun warganya mengaku senang karena Desa Bisesmus mendapat jatah 30 Hektar.

“Saat ini kondisi lahan sudah dibersihkan dan siap diolah. Ini tanda bahwa masyarakat senang lahannya diolah secara gratis”, ujar Wily.

Wily berharap, minggu depan lahan milik warganya sudah bisa dibalik seperti yang sudah dijadwalkan Camat Laenmanen, Blasius Berek Bau.

Masyarakat Desa Bisesmus sendiri sebagian besar terdiri dari petani lahan kering. Mereka memanfaatkan langsung lahan yang ada apa adanya dengan menanam jagung, ubi, pisang, dan tanaman lainnya, tanpa dibalik terlebih dahulu.

Karena itu, menurut Kades Willy, masyarakat Desa Bisesmus sangat berterimakasih kepada Bupati Malaka Stefanus Bria Seran yang melalui Program RPM mengadakan traktor untuk balik lahan milik masyarakatnya secara gratis.

“Masyarakat petani Bisesmus sangat  terbantu dengan traktor RPM”, tandas Willy.

Karlus, salah satu petani Bisesmus yang dihubungi melalui telepon selulernya, mengharapkan Kades Willy dan Camat Blasius segera berkoordinasi untuk memastikan jadwal pengolahan lahan di Desa Bisesmus.

Sebab, kata dia, saat ini adalah waktu yang tepat untuk balik lahan.*(john germanus/kiik)