Tersisa 5 Desa Di Belu Yang Belum Berlistrik

oleh -2.701 views

Atambua, LikuraiOnline.com- Tersisa 5 Desa dari 81 Desa/Kelurahan di Kabupaten Belu yang belum memiliki jaringan listrik.

Hal ini diakui kepala Perusahaan Listrik Negara Rayon Atambua, Margi Setiyono saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/07/2018).

Dijelaskan bahwa secara keseluruhan masih ada 5 desa di Belu yang belum memiliki jaringan listrik namun ke-5 desa tersebut sudah diakomodir dalam kontrak untuk dilakukan perluasan jaringan listrik.

“Sementara ada sekitar 4 dari 5 desa yang belum berlistrik. Sebelumnya ada 5 Desa namun 1 sudah beroperasi sementara keempat lainnya dalam kontrak pengerjaan”, ungkap Margi.

Setiyono menyampaikan bahwa dari ke-5 desa yang belum memiliki jaringan listrik, 4 Desa ada di Kecamatan Raimanuk (Desa Faturika, Desa Mandeu, Desa Raimanus, Desa Reinrua) dan 1 Desa lagi ada di Kecamatan Nanaet Duabesi (Desa Dubesi).

Selain itu diakui juga oleh kepala PLN rayon Atambua ini bahwa masih ada banyak dusun di kabupaten Belu yang belum terakomodir jaringan listriknya.

“Ada banyak dusun yang belum berlistrik sedangkan untuk desa secara keseluruhan hampir semua sudah berlistrik”, kata Margi.

Lanjutnya, ada sekitar 1 atau 2 dusun dalam setiap Desa yang belum memiliki jaringan listrik.

Margi Setiyono juga mengatakan bahwa untuk Kabupaten Belu, ada sekitar 20-an Desa yang sedang memasukan permohonan untuk membuka jaringan listrik di dusun yang belum berlistrik.

Permohonan 20-an Desa itu telah diusulkan ke Kantor Wilayah PLN Kupang dan juga sudah disurvei oleh tim PLN Rayon Atambua untuk diakomodir dalam perluasan jaringan listrik di Belu.

Sementara itu beberapa kecamatan di Kabupaten Malaka yang masih di suplai dari PLN rayon Atambua juga banyak desa yang belum memiliki jaringan listrik.

Disampaikan bahwa ada sekitar 30-an desa di Malaka yang belum berlistrik namun 32 Desa telah di akomodir oleh Kantor wilayah PLN Kupang.

Diakui Margi pengerjaan pelistrikan yang ada masih terhambat dengan kendala pada keterbatasan tenaga kerja kontraktor dan material pemasangan jaringan listrik.

Kepala PLN rayon Atambua, Margi Seriyono memohon maaf untuk desa-desa yang belum berlistrik dengan menjanjikan segera merealisasikan jaringan listrik ke semua desa.

Margi juga optimis terhadap kontrak-kontrak yang sudah ada dan sementara berjalan untuk dapat terselesaikan sehingga masyarakat dimana pun segera memperoleh jaringan listrik. (Ronny Christian)