BWS NT II Alokasikan Rp. 34 Miliar Untuk Lanjutkan Pembangunan Jaringan Irigasi Kodi

oleh -2.502 views
PPK Irigasi dan Rawa III (Wilayah Sumba) Bonefasius Jas,S.ST

Kupang, Likuraionline.com-–Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi NTT mengalokasikan Anggaran Rp. 34 Miliar lebih dari APBN Tahun Anggaran 2018 untuk melanjutkan Pembangunan Jaringan Irigasi di Daerah Irigasi Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT.

Demikian disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa III, pada Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) PJPA, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, Bonefasius Jas, S.ST kepada wartawan www.likuraionline.com, Kamis, 22 Februari 2018.

Ia menjelaskan, Dana yang dialokasikan tersebut  untuk membangun  3,5 kilometer di Jaringan sekunder Kodi dan Pembangunan jaringan Sekunder Kawangu sepanjang 6,5 kilometer secara parmanen.

“Tahun ini kita membangun jaringan sekunder Kawangu secara parnanen sepanjang 6,5 kilo meter. Jaringan Irigasi Kawangu tuntas di bangun tahun ini,”Bonefasius.

Ia mengatakan, Daerah Irigasi Kodi memiliki tiga jaringan irigasi sekunder masing-masing, Jaringan Sekunder Tunas Baru, Jaringan Sekunder Kawangu dan Jaringan Sekunder Kodi.

Dari tiga jaringan sekunder itu, kata dia, sudah dua jaringan irigasi sekunder yang dibangun yakni jaringan sekunder Kawangu dan jaringan sekunder Kodi.

“Tahun ini jaringan sekunder Kawangu tuntas di kerjakan. Sementara untuk jaringan sekunder Tunas Baru belum ditangani karena harus membelah bukit yang dilalui oleh jaringan irigasi,”ungkap Boni.

Ia menambahkan, hingga tahun 2018 sudah 96 hektar lahan masyarakat  yang menggunakan air dari jaringan irigasi Kodi.

“Minggu lalu kita melakukan uji coba pembukaan pintu air dari Bendungan ke jaringan irigasi yang kita bangun. Masyarakat berterima kasih  karena air sudah bisa dinikmati oleh masyarakat untuk menanam padi,” kata Bonefasius.

Ia menjelaskan, BWS NT II berkomitmen untuk menyelesaikan bangunan irigasi Kodi hingga tahun 2019 mendatang.

“Kita programkan tahun 2019 jaringan sekunder Kodi tuntas. Tahun ini jaringan irigasi sekunder Kawangu tuntas,”katanya. (liser)