Tahun Anggaran 2019, Pemerintah Pusat Alokasikan DAK  Untuk Dinas PUPR Malaka Sebesar  Rp.38 Miliar

oleh -2.478 views
Kepala Dinas PUPR Malaka Ir.Yohanes Nahak didampiingi Kepala Bidang Bina Marga Dlinas PUPR Malaka Lorens Haba

Denpasar,Likuraionline.com—Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) ke Malaka pada Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp.38 Miliar.

Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dialokasikan ke Dinas PUPR Malaka itu akan dimanfaatkan untuk membiayai sejumlah program strategis tersebar di bidang Bina Marga, Irigasi dan Cipta Karya.

“Tahun 2019 Kabupaten Malaka Pemerintah Pusat Alokasikan DAK ke Malaka sebesar Rp.38 Miliar. DAK tersebut akan dimafaatkan sesuai data base yang diusulkan Pemerintah Pusat,” Hal itu disampaikan Kadis PUPR Kabupaten Malaka, Yohanes Nahak didampingi Kapala Bidang Bina Marga Lorens Haba dari Denpasar, saat mengikuti Rapat Evaluasi DAK Tahun 2018 Kamis (6/12-2018).

Mantan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Malaka ini menjelaskan, sejak tanggal 3 Desember lalu pihaknya menghadiri rapat evaluasi DAK di Bali. “Sesuai hasil rapat Kabupaten Malaka mendapatkan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 sebesar Rp. 38 Miliar,”katanya.

DAK Tahun 2019 kata dia akan di bagi kepada tiga Bidang di Dinas PUPR Malaka  sebagai berikut, Bidang Bina Marga  mendapat alokasi DAK sebanyak Rp 28 Miliar, Bidang Irigasi Rp 2 Miliar dan Cipta Karya Rp 8 Miliar.

”Dana untuk Bina Marga sebanyak Rp 28 Miliyard itu akan diamnfaatkan untuk  membangun tiga ruas jalan di Kabupaten Malaka yakni ruas jalan Webua- Kletek, ruas jalan Talimetan-Wehae dan Biudukfoho – Wekeke di Kecamatan Rinhat,”kata Yohanes Nahak.

Sementara untuk Irigasi mendapat Alokasi Rp.2 Miliar. Dana tersebut akan digunakan oleh Dinas PUPR Malaka melalui Bidang Irigasi akan membangun Daerah Irigasi Tolok dan Daerah Irigasi (DI) Wemaromak di Malaka Tengah. Sedangkan untuk Bidang Cipta Karya dialokasikan dana sebesar Rp 8 Miliar untuk membangun Air bersih dan perumahan  di Kabupaten Malaka.

”Sejumlah dana diatas didapatkan berkat kerja keras Bupati SBS yang memperjuangkannya melalui jaringan yang dibangunnya untuk percepatan pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kabupaten Malaka sesuai program unggulan  Bupati SBS untuk,”katanya. (User)