Sinergisitas dan Komunikasi antar Desa OASE Harus Dibangun

oleh -2.589 views

Tangerang,Likuraionline.com—Sinergisitas dan komunikasi antar Desa yang masuk dalam OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era) harus tetap dibangun untuk menyamakan persepsi, sehingga saling share mengenai pembangunan yang ada di wilayah masing-masing.

Di samping itu, saling mempelajari keunggulan untuk bisa diterapkan di daerah.

“Sebagai salah satu Desa yang diintervensi OASE, kita harus terus membangun komunikasi yang intensif karena adanya persamaan di Desa dampingan sehingga kita terus berbenah membangun daerah masing-masing, sesuai visi misi dari OASE,” katanya.

Pernyataan itu disampaikan Yanuarius Bria Seran, Ketua Tim Kaji Banding para Kepala Desa se-Kecamatan Malaka Tengah ketika menyampaikan sambutannya saat berkunjung ke Desa Kohod, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Tangerang, Selasa (6/11).

Yanuarius yang karib disapa Tuan, lebih lanjut menyampaikan, memperkenalkan dan membeberkan tentang program Revolusi Pertanian Malaka yang menjadi program prioritas Bupati Malaka Stefanus Bria Seran.

“Kami melihat bahwa Desa Kohod ini keadaannya hampir sama dengan desa-desa kami di Malaka.

Pertaniannya sangat dominan, sehingga kita saling belajar tentang daerah masing-masing.

Apa yang menjadi keunggulan pasti akan kita adopsi dan belajar dan menerapkan di desa,” ungkap Tuan yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal Kabupaten Malaka.

Tuan juga pada kesempatan yang sama mengutarakan tentang program selain RPM yang menjadi andalan program Bupati Malaka seperti infrastruktur jalan dan jembatan, kesehatan dan pendidikan.

“Selama beberapa tahun belakangan ini di bawah kepemimpinan Bapak Bupati, kehidupan masyarakat di Malaka sudah semakin meningkat, sehingga dengan adanya Kaji Banding para Kepala Desa di daerah tujuan, bisa menjadi acuan bagi para Kades untuk membangun wilayahnya,” tuturnya lagi.

Yanuarius Bria Seran juga mengundang Kepala Desa Kohod dan aparaturnya untuk bisa datang dan berkunjung balik ke Kabupaten Malaka.

“Kami juga mengundang Kepala Desa dan aparturnya untuk datang ke Malaka dan melihat langsung apa yang ada di Malaka terutama program yang sangat sinergis di bidang pertanian, seperti di Desa Kohod ini,” ujarnya lagi.

Kunjungan ini dihadiri juga Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malaka Yustinus Nahak, Kepala Bidang TTG Dinas PMD Kabupaten Malaka Hendro Babu, Sekcam Malaka Tengah, Serafin Pires. (Herryklau/kominfo malaka)