Robert Simbolon : Masa Transisi Ini Akan Dimanfaatkan Sebaik Mungkin

oleh -2.781 views

Kupang, Likurai Online.com-Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Drs. Robert Simbolon, MPA berkomitmen untuk memanfaatkan waktu kepemimpinannya di masa transisi dari Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Periode 2013-2018 (Frans Lebu Raya & Benny Litelnoni) ke Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Periode 2018-2023 terpilih (Viktor Bungtilu Laiskodat & Josef Nae Soi) sebaik mungkin.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Robert Simbolon pada kegiatan konferensi pers yang berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur NTT, Rabu (18/07/2018).

Robert menguraikan, masa transisi ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mulai menginstalasi program-program strategis yang menjadi janji-janji politik Gubernur dan Wakil Gubernur NTT terpilih kedalam dokumen formal yakni dokumen perencanaan dan penganggran.

” Instalasi program-program strategis ini akan kita lakukan semaksimal mungkin dengan segala keterbatasan yang ada baik keterbatasan financial dan kemampuan keuangan untuk mengadopsi semua program yang direncanakan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih “, kata Robert.

Lanjutnya, dirinya diangkat sebagai Penjabat Gubernur NTT yakni untuk tetap menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di Provinsi NTT sambil menunggu pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2018-2023 (Victor Laiskodat & Josef Naisoi).

Selain itu kata dia, didalam masa transisi beberapa bulan ini sambil menunggu pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, dirinya  juga akan berupaya untuk terbangunnya fondasi penyelenggaraan pemerintahan di bawah kepemimpinan Victor Laiskodat dan Josef Nai Soi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Periode 2018-2023.

“Tentu bersamaan dengan itu juga kita harus pula memastikan bahwa dalam masa transisi ini seluruh persiapan penyusunan dan penetapan RPJMD yang menjadi formalisasi dari janji-janji politik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih sudah harus dilakukan,”katanya.

Ia mengatakan tugas  lain yang akan dilaksanakan sebagai Penjabat Gubernur adalah bersama-sama dengan seluruh komponen penyelenggara politik Nasional tetap memastikan bahwa persiapan sekaligus pengawalan terhadap proses penyelenggaraan demokrasi khususnya penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 berlangsung dengan baik.

Untuk diketahui Robert Simbolon adalah Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang sebelumnya telah dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, sebagai Penjabat Gubernur NTT berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116/P/2018 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur masa jabatan 2013-2018, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (17/7/2018). (Rolin Pekaata)