Realisasi Pembangunan Jembatan Haliwen 100 Persen

oleh -2.994 views
Jembatan Haliwen Sudah Difungsikan oleh Masyarakat

Kupang,Likuraionline.com–Realisasi Pembangunan Jembatan Haliwen di Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi NTT sudah selesai 100 persen.

Jembatan yang menghubungkan jalan Sabuk Merah Perbatasan Wilayah Timur itu sudah bisa di fungsikan oleh masyarakat setempat.

Pembangunan Jembatan Haliwen di biayai dengan  dana yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2017 senilai Rp.37 Miliar lebih   dan dikerjakan oleh PT.Tarawesi-PT.Win Alam Abadi,jo.

Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II pada Balai Jalan Nasional X Provinsi NTT, Nikolaus Botha,ST,.MT kepada wartawan menjelaskan, Pembangunan Jembatan Haliwen di ruas jalan Sabuk Merah Perbatasan sudah selesai 100.

“Jembatan Haliwen sudah tuntas dibangun. Saat ini masyarakat sudah bisa menggunakan jembatan Haliwen untuk kelancaran arus transportasi,”kata Nikolaus Botha.

ia mengatakan, Pembangunan Jembatan Haliwen sempat terhambat karena kondisi alam.

Pasalnya, sering terjadi hujan hingga menyebabkan banjir sehingga menyulitkan kontraktor untuk bekerja.

Walau kondisi demikian, ada upaya percepatan dengan mengganti metode pelaksanaan errection balok girder sehingga pembangunan jembatan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

“Sebelumnya memang sering terjadi hujan dan banjir sehingga menghambat proses pembangunan yang ada ruas jalan sabuk merah wilayah timur itu.

Namun, berkat dukungan semua pihak jembatan Haliwen sudah selesai dan sudah dapat difungsikan oleh masyarakat.

Saya menghimbau kepada masyarakat yang di Kabupaten Belu agar menjaga dan memelihara Jembatan yang sudah dibangun tersebut,”kata Mantan Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 ini.

Ia menambahkan, untuk mempercantik jembatan Haliwen, juga di tambahkan lampu penerangan yang menggunakan power solar cell  (listrik tenaga surya).

“Masyarakat di himbau untuk turut menjaga aset negara sehingga bermanfaat bagi semua masyarakat yang menggunakan jembatan tersebut,”kata Nikolaus.

Ia mengatakan, Pada Tahun Anggaran 2108 Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN)  2 NTT pada Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Provinsi NTT akan mengerjakan 15 jembatan di daerah perbatasan NTT   (yulius)