Raih Opini WDP dari BPK, Bupati Malaka Apresiasi Kinerja OPD Malaka

oleh -2.371 views

Kupang, Likuraionline.com—-Pemerintah Kabupaten Malaka kembali meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP)  dari Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Provinsi NTT. 

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran,MPH memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh staf di Kabupaten Malaka.

“Capaian ini harus dijadikan motivasi untuk tingkatkan dan benahi yang masih kurang supaya bisa dapat opini WTP di masa datang. Saya samlaikan apresoasi dan terima kasih lelada senua OPD,” kata Bupati Stefanus Bria Seran kepada wartawan di sela acara penerimaan LHP Tahun 2017 Kabupaten Malaka dari BPK di Kupang, Jumat (29/6-2018).

Bupati yang juga pencetus Program Revolusi Pertanian Malaka itu menjelaskan opini LHP tahun 2017 Kabupaten Malaka:WDP atas 1 akun Aset Tetap berkaitan dengan Kabupaten Induk Belu yaitu pengelolaan aset yang belum memadai.

“Pemkab Malaka menyampaikan aprersiasi dan salut atas pencapaian ini. Karena walaupun masih tetap WDP tetapi ada peningkatan mutu laporan keuangan yang signifikan,” katanya.

Sekedar pembanding, sebut dia, pada tahun 2016 opini BPK WDP dengan 3 akun pengecualian yaitu aset tetap, persediaan dan dana bos. Ini berarti selangkah lagi Kabupaten Malaka yang terbilang masih sangat belia usianya akan meraih WTP.

“Kita berharap mutu laporan keuangan terus dibenahi agar niat untuk meraih WTP benar-benar tercapai sebagai salah satu indikator meningkatnya kinerja pengelolaan keuangan daerah,” tegas Stef Bria.

Kepala BPKAD Kabupaten Malaka, Aloysius Werang mengatakan, puji Tuhan dan terimakasih atas dukungan kerjasama yang dibangun selama ini sehingga Kabupaten Malaka dapat meraih hasil yang membanggakan.

“Ini bukan merupakan prestasi tertinggi tetapi patut mendapat apresiasi karena ada peningkatan kualitas LKPD yang signifikan. Sebagai unit teknis kami akan memperhatikan rekomendasi terhadap temuan BPK untuk perbaikan kedepan,” katanya.

Sebagai pembanding TA 2014 Opini Pemeriksaan BPK disclaimer, TA 2015 juga disclaimer, TA 2016 WDP atas 3 akun, TA 2017 WDP atas 1 akun.(boni/user)