Puskesmas Diminta Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

oleh -2.970 views

Betun.LikuraiOnline.Com—Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Kabupaten Malaka merupakan ujung tombak pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, Puskesmas diminta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka drg.Paskalia Frida Fahik saat menggelar pertemuan bulanan dengan 20 kepala Puskesmas se -Kabupaten Malaka, di Hotel Cinta Damai Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah Jumat 12/1/2018.

Ia mengatakan, Kabupaten Malaka memiliki 20 Puskesmas yang tersebar di wilayah Malaka. Keberadaan Puskesmas di tengah-tengah masyarakat  sebagai wujud pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Malaka yang mebutuhkan pelayanan kesehatan.

“Puskesmas menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk itu, kita minta supaya Puskesmas yang ada di Kabupaten Malaka memberikan pelayanan yang lebih baik  kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,”katanya.

Ia mengatakan, Untuk mencapai kinerja yang efektif dan efisien semua jajaran kesehatan di Kabupaten Malaka harus kompak dan tidak bisa bekerja sendiri-sendiri dengan gaya masing-masing. “Kita harus satukan Visi dan Misi untuk bekerja dalam melayani masyarakat Malaka. Segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik agar kedepannya menjadi lebih baik lagi dan apa yang sudah dimulai harus terus dikawal,” papar dia.

Ia juga menghimbau agar melayani masyarakat dengan tulus dan iklas. “Tidak boleh putus asa, jika ada kritikan dari masyarakat baik lansung maupun melaui media kita ambil saja hikmahnya dan terus membenahi diri guna memberikan yang terbaik bagi masyarakat.” pintanya

Sementara itu, terkait pasien rujukan, ka dia, Dinas Kesehatan menggunakan pola baru yang lebih modern yaitu bukan pasiennya yang dirujuk tapi dokter bersama timnya yang datang di puskesmas dimana pasien itu berada. “Kita akan menerapkan pola baru dengan mendatangkan dokter ke pasien,”katanya.

Selain itu Frida berpesan kepada Kepala puskesmas agar puskesmas harus mengenal wilayanya dan kondisi lingkungannya sehingga dengan mudah bisa dikontrol dan ditangani. Tuturnya. (Deddy Klau/liser)