Petani Desa Laleten Menanam Padi Dengan Pola Tanam Jajar Legowo.

oleh -2.586 views

Betun,Likuraionline.com– Masyarakat Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka yang tergabung dalam Kelompok Tani(Poktan) Budi Makmur mulai melakukan penanaman padi untuk musim tanam(MT) kedua tahun 2018.

“Kami sudah melakukan penanaman padi untuk MT II dan saat ini kami melakukan melakukan pemeliharaan berupa pemupukan dan penyiangan,”ungkap Ketua Poktan Budi Makmur Yanuarius Seran ketika dikonfirmasi awak media ini jumat, 20/7/2018.

Yan, begitu sapaan akrabnya menjelaskan, anggota Poktan Budi Makmur menanam padi dengan menggunakan   pola atau metode tanam jajar legowo (Jarwo) yang diterapkan oleh tim pakar RPM karena terbukti,pola tanam jajar legowo bisa meningkatkan hasil panen para petani khususnya petani sawah.

“Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,Untuk musim tanam pertama kemarin, kami bisa memanen padi sebanyak 8 hingga 8,9 ton gabah per hektar dengan menggunakan pola tanam jajar legowo. Ini semua berkat program Revolusi Pertanian (RPM) yang merupakan salah satu program prioritas bupati malaka Stefanus Bria Seran dan wakil bupati malaka Daniel Asa (Almarhum),”.tandasnya.

“Keberhasilan kami pada musim tanam pertama kemarin tidak terlepas dari pendampingan petugas PPL yang setiap hari selalu setia berbagi serta memberikan kami berbagai masukan mengenai cara menanam serta merawat tanaman padi yang baik dan benar”.

Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) desa laleten, Yeremias Nahak mengatakan “Sebagai PPL, dirinya selalu berkoordinasi dengan para anggota poktan mulai dari persiapan lahan, penanaman, pemupukan, penanggulangan hama dan penyakit.

“Selama ini saya selalu mendampingi poktan, baik petani lahan kering maupun lahan basah sehingga para petani tidak terlalu mengalami kendala dalam mengolah lahan pertanian mereka”.ujarnya.

Para petani disini sangat antusias untuk menanam padi dengan metode jajar legowo 2:1 karena metode tanam jajar legowo terbukti bisa meningkatkan hasil pertanian mereka.pungkasnya. (Deddy Klau)