Pemkab Malaka Salurkan Benih, Pupuk dan Obat-obatan Kepada Masyarakat.

oleh -2.360 views

Betun,LikuraiOnline.com–-Memasuki musim tanam pertama (MT 1) tahun 2018/2019, Pemkab Malaka melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura menyalurkan bantuan kepada kelompok tani yang ada di kabupaten malaka.Penyaluran bantuan tersebut berupa Benih, bibit, pupuk dan obat-obatan.

Hal itu disampaikan Yeremias Nahak,Penyuluh Pertanian Lapangan desa Laleten, kecamatan weliman kabupaten malaka ketika dikonfirmasi di Laleten, usai menyerahkan Benih/bibit, pupuk dan obat-obatan kepada kelompok tani (Poktan) “Halileon Diak” jumat,30/11/2018 .

Jeremy begitu sapaan akrabnya menambahkan, Saat ini sudah memasuki musim hujan dan masyarakat (Petani) sedang mempersiapkan lahan pertanian mereka masing-masing untuk ditanami.

Pada kesempatan itu, Jeremy meminta kepada semua anggota poktan agar segera melakukan penanaman dilahan milik masing-masing anggota apabila lahannya sudah dipersiapkan dengan baik dengan memperhatikan ketersediaan air sehinga bisa digunakan untuk mengairi lahan sawah para petani karena hingga saat ini curah hujan masih sangat minim.

“Saya minta kepada semua anggota poktan agar segera melakukan penanaman dilahan milik masing-masing anggota apabila lahannya sudah dipersiapkan dengan baik dan memperhatikan ketersediaan air sehinga bisa digunakan untuk mengairi lahan sawah para petani”

Terkait metode atau pola tanam, Jeremy mengatakan Tetap menggunakan pola tanam Jajar Legowo “Jarwo” 2 : 1 karena telah terbukti bahwa pola tanam Jajar Legowo bisa meningkatkan hasil panen para petani sawah.

“Saya selalu menyarankan kepada para anggota Poktan yang ada didesa laleten agar selalu menerapkan pola tanam Jarwo yang sudah terbukti dapat meningkatkan hasil panen”

Ketua Poktan “Halileon Diak” Yosefina Hoar ketika dikonfirmasi usai serah terima Benih/bibit, pupuk dan obat-obatan mengatakan, dirinya bersama seluruh anggota Poktan menyampaikan terima kasih kepada pemkab malaka melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura yang telah menyalurkan bantuan kepada kelompoknya.

“Saya bersama seluruh anggota Poktan menyampaikan terima kasih kepada pemkab malaka melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Holtikultura yang telah menyalurkan bantuan kepada kelompoknya”.

Hal senada disampaikan Yoseph Bria Bouk, anggota Poktan Halileon Diak. Dirinya mengatakan Sejak dicetuskannya Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) oleh Pemkab Malaka para petani di Malaka sangat terbantu dengan adanya balik lahan gratis, bantuan Benih/bibit, pupuk dan obat-obatan secara kepada para petani.

“Pemerintah sudah bantu kita(petani) dengan balik lahan, bibit, pupuk dan obat-obatan secara gratis, masyarakat hanya menyiapkan lahan, menanam, merawatnya hingga panen karena kita sendiri yang akan menikmati hasilnya” ujarnya.(Deddy Klau)