Pemkab Malaka Akan Buka Galeri Kerajinan Tangan di Bandara A.A Bere Tallo.

oleh -2.298 views
Camat Malaka Barat Efraim Bria Seran mendampingi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malaka , Maria Theresia Un Manek melantik Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Malaka Barat Ursula Bria di Aula Kantor Camat Malaka Barat

Betun,Likuraionline.com—Pemerintah Kabupaten Malaka membangun komunikasi dengan pengelola Bandar Udara A.A Bere Tallo Atambua di Kabupaten Belu untuk membuka galeri Kerajinan Tangan di Bandara tersebut.

Keberadaan galeri tersebut untuk mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan tangan masyarakat Malaka berupa hasil tenun dari kelompok-kelompok tenun dan kerajinan tangan lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh ‎Wakil ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Kabupaten Malaka, Maria Theresia Un Manek, saat mengambil sumpah dan melantik Tim penggerak PKK Tingkat Kecamatan dan desa se kecamatan Malaka Barat di Aula kantor Camat Malaka Barat, Rabu 31/1/2018.

ia mengatakan, tim penggerak PKK se Kecamatan Malaka Barat yang baru dilantik baik di tingkat kecamatan maupun desa harus turun ke masyarakat guna mengaktifkan kelompok tenun yang ada dimasyarakat yang sudah terbentuk.

Tujuannya, kata dia, untuk memotivasi para pengrajin tenun agar terus giat menenun untuk menghasilkan kain tenun yang indah dan berkualitas tinggi untuk dipasarkan demi meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat Malaka.

“Saya minta supaya setelah pelantikan ini, para pengurus Tim Penggerak tingkat Desa untuk turun menemui masyarakat guna memberi motivasi sekaligus mendapat berbagai masukan berkaitan dengan perkembangan kelompok-kelompok tenun di setiap desa,”ujar Theresia.

ia menambahkan, kain tenun yang dihasilkan oleh kelompok-kelompok tenun di Malaka motif dan kualitasnya sangat bagus dan bernilai ekonomis. “Jika kita sudah buka galeri di bandar udara A.A. Bere Tallo maka hasil kerajinan berupa tenun dan kerajinan tangan lain yang dihasilkan oleh masyarakat akan dipasarkan di galeri tersebut,”kata Theresia.

“Jika ada kelompok tenun yang sebelumnya ada namun tidak aktif lagi, tugas Tim Penggerak PKK yang baru di lantik untuk mengaktifkan kembali dan selanjutnya melakukan pendampingan kepada kelompok tenun terseut untuk terus berkreasi menghasilkan kain tenun yang berkualitas tingga,”katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Malaka Barat, Ursula Bria menegaskan siap bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK tingkat kabupaten dan desa dalam menyukseskan 10 program PKK kabupaten Malaka.

Dirinya juga menegaskan siap mendukung dan menyukseskan program unggulan Pemkab Malaka.  “Saya mengajak seluruh Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan maupun desa untuk menyukseskan 10 program PKK kabupaten Malaka dan program unggulan Pemkab Malaka untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, ” ajaknya.

Camat Malaka Barat, Efraim Bria Seran Camat Malaka Barat selaku Pembina Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan Malaka Barat  mengatakan siap mendukung program yang dirancang oleh tim Penggerak PKK Kecamatan Malaka Barat.

“Kami siap mendukung program-program yang dicanangkan oleh TP PKK Kecamatan Malaka Barat dan TP PKK yang ada di Desa. Pasalnya, Program-program yang dirancang oleh TP PKK itu bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,”ungkap Efraim Bria Seran.

ia juga menegaskan agar Desa-Desa yang ada di wilayah Kecamatan Malaka Barat agar mendukung penuh program yang dihasilkan oleh oleh TP PKK yang ada di desa baik dari segi kebijakan maupun anggaran.

“Saya minta Tim Penggerak PKK dan pemerintah desa harus bekerja sama dan saling mendukung untuk wujudkan kesuksesan program Pemkab Malaka. Para kepala desa harus mendukung program Tim Penggerak PKK sehingga mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (Deddy Klau/liser)