Pemerintah Malaka Distribusi Air Bersih Untuk Masyarakat Yang Dilanda Banjir Benenai

oleh -2.537 views
Camat Malaka Barat, Efraim Bria Seran tinjau lokasi Banjir.

Besikama,Likuraionline.Com–Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT mendistribusi air bersih ke sejumlah Desa di wilayah Kecamatan Malaka Barat  yang dilanda banjir Bandang Benenain.

“Kami sudah turun kelokasi untuk melihat secara dekat kondisi masyarakat yang dilanda banjir bandang Benenanin. Yang  dibutuhkan saat ini adalah air bersih dan kami  dari Kecamatan Malaka Barat  sudah mendistribusi air bersih kepada masyarakat yang dilanda banjir,”Demikian dikemukakan Camat Malaka Barat Efraim Bria Seran kepada wartawan www.likuraionline.com via telphon.

ia menjelaskan, sesuai hasil pantauan di Desa Motaain, ada tiga dusun di Desa Motaain, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka yang paling parah diterjang banjir Benenain. Tiga Dusun di maksud adalah, Dusun Deroklaran, Dusun Debukametan dan Dusun Sukaerlaku.

“Jumlah penduduk di tiga dusun tersebut sebanyak 102 kepala keluarga. selain menggenangi pemukiman penduduk, banjir juga menggenangi 49,8 hektar lahan pertanian masyarakat,”katanya.

ia mengatakan, pihaknya sudah minta kepada Kepala Desa Motaain agar siagakan Linmas di desa sehingga ada banjir susulan Linmas menginformasikan kepada masyarakat untuk menyelamatkan diri  ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu Kepala Desa Motaain Salomon Leki mengatakan, pada hari selasa malam sekitar pukul 22.30 Wita terjadi banjir susulan melanda warga Desa Motaain, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka. Banjir susulan ini setinggi 1,5 meter menggenangi lima  dusun di desa tersebut.

Semua warga diinstruksikan tidak boleh keluar rumah karena derasnya air di luar rumah. Semua warga diminta untuk berlindung dalam rumah sambil menyamatkan harta bendanya.

Kepada wartawan www.likuraionline.com Kepala Desa Motaain, Salomon Leki yang di hubungi via ponsel menjelaskan, banjir bandang Benenain mulai melanda warga desa Motaain pada pukul 22.30 Wita. Sebanyak lima dusun di desa Motaain   terendam banjir.

“Dari lima dusun yang ada didesa motaain ada tiga dusun yang paling parah kondisinya yaitu dusun Debu Kametan, Dusun Derok Laran dan dusun Sukaerlaku. Saya selaku pimpinan wilayah sudah melaporkan ke kecamatan mengenai banjir yang terjadi malam ini,”ujarnya

Ia mengatakan, Ketinggian air mecapai 1,5 meter membuat 192 Kepala Keluaraga  terisolasi.  “Arus air sangat deras karena ketinggian air hampir mencapai 1,5 meter sehingga kita tidak bisa lakukan evakuasi terhadap warga. Nanti airnya surut baru kita dilakukan evakuasi,” ujarnya. (Deddy Klau/liser)