Pasca Banjir, Siswa-Siswi SMP Negeri Besikama Bergotong Royong Bersihkan Lumpur di Kelas

oleh -2.673 views

Malaka,Likuraionline.com-–Banjir Benenain yang melanda wilayah Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka pada rabu 28-02-2018,  merendam semua ruang kelas SMP Negeri 1 Besikama, Kabupaten Malaka.

Akibatnya, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah tersebut tidak bisa dilaksanakan karena siswa-siswi dan para guru bergotong royong membersihkan lumpur yang ada di dalam ruang kelas.

Kepala Sekolah SMP Negeri  1 Besikama Paulus Bria Seran,S.Pd, yang ditemui Wartawan Kamis, 01-03-2018 mengatakan Banjir yang melanda wilayah Motaulun tidak saja merendam pemukiman penduduk tetapi banjir juga merendam semua ruang kelas SMP Negeri 1 Besikama.

“Banjir mulai merendam ruangan kelas yang ada disini sejak pukul 23.30 Wita. Luapan air yang semakin banyak dan tinggi mengakibatkan seluruh ruangan yang ada di sekolah tersebut dipenuhi air dan lumpur ,”ujarnya

Ia menguraikan, dari 29 ruangan yang ada di sekolah tersebut, 18 ruangan  terendam banjir setinggi 50 cm. Sedangkan tujuh ruangan lainnya berkisar 10-15 cm.

Ia mengatakan, Selain merendam ruang kelas, banjir juga merendam beberapa ruangan lain diantaranya Ruang Tata Usaha, Ruang Kepala Sekolah, Ruang komputer, Ruang Osis, Ruang Laboratorium, Aula Pertemuan, Ruang Perpustakaan, Ruang Guru, bahkan beberapa ruang MCK juga terendam banjir.

“Kejadian ini sangat mengganggu KBM di sekolah. Ada soal ujian dan lembar jawaban ujian try out ke dua yang disimpan dilaci meja guru yang belum sempat diperiksa rusak karena terendam air,”katanya.

Ia menjelaskan, paska banjir, proses KBM tidak bisa berlangsung karena seluruh siswa bergotong royong guna membersihkan seluruh ruangan yang terendam banjir.

“Kita harapkan agar bisa diambil tindakan terkait penanganan banjir sehingga aktifitas penduduk termasuk proses KBM disekolah berjalan sebagai mana mestinya,”katanya..

Pantauan awak media ini dilapangan, sekolah-sekolah yang terendam banjir antara lain, SMA Ratu Rosari dan SDK Harewe di desa Motaulun dan SMP Negeri 1 Besikama di Desa Naas Kecamatan Malaka Barat. (Deddy Klau/liser)