Musrembang Kecamatan Malaka Barat Hasilkan Lima Usulan Prioritas.

oleh -2.834 views

Betun,Likuraionline.com-–Kecamatan Malaka, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Malaka Barat.

Dalam Musrembang tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Kecamatan Malaka Barat itu menghasilkan lima program prioritas yang akan diperjuangkan pada musrembang tingkat Kabupaten Malaka mendatang.

Kelima program tersebut di antaranya, Pembangunan Jalan Usaha Tani sepanjang 80 Km, Normaliasi Kali Benenain sepanjang desa Motaulun hingga Muara Abudenok, Rehab dan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), Pengadaan Empat Unit Perahu Motor dan Pembangunan Saluran Drainase dari desa Motaulun hingga Muara Abudenok.

Hal ini diungkapkan camat Malaka Barat, Efraim Bria Seran kepada awak media ini, Jumat 9/2/2018 di kantor kecamatan usai melakukan Musrembang tingkat kecamatan.

Efraim menjelaskan, lima usulan tersebut merupakan usulan dari masing-masing desa yang ada di wilayah kecamatan Malaka Barat.

Usulan tersebut menjadi prioritas, mengingat dampaknya yang besar kepada masyarakat di wilayah kecamatan Malaka Barat.

“Tentunya masih ada lagi beberapa usulan yang akan kita bawa ke musrembang tingkat kabupaten untuk bisa diakomodir di 2019.

Usulan rehab dan pembangunan ruang kelas baru bagi sekolah yang ruang kelasnya masih kurang atau dalam keadaan rusak berat dan sangat urgen.

Hal ini sangat penting untuk menunjang proses belajar-mengajar. Oleh sebab itu, kita jadikan prioritas. Normaliasi kali benenain dari desa Motaulun hingga Muara Abudenok sangat penting untuk mencegah banjir akibat luapan air kali benenain,” ungkap Efraim.

Musrembang tingkat kecamatan Malaka Barat dihadiri oleh, Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran, SH, Sekda Malaka, Donatus Bere, didampingi Asisten I dan II Setda Malaka dan beberapa kepala OPD lingkung Pemkab Malaka, Anggota DPRD Malaka di antaranya, Krisantus Yulius Seran, Petrus Tey Seran, Marieta Teti, Simon Seran Fahik dan Ignasius Fahik.

Efraim berharap dengan kehadiran Sekda Malaka, Pimpinan OPD, Ketua DPRD dan anggota DPRD Malaka bisa turut memperjuangkan usulan prioritas hasil musrembang di tingkat kabupaten mendatang. Hal ini untuk memastikan apa yang menjadi usulan prioritas bisa dikerjakan di 2019 mendatang.

” Kita senang karena dari lembaga eksekutif dan legislatif hadir dalam Musrembang kecamatan Malaka Barat.

Kita berharap apa yang menjadi usulan kami yang merupakan aspirasi masyarakat Malaka Barat bisa dibantu untuk diperjuangkan oleh para kepala OPD dan anggota DPRD Malaka hingga bisa dikerjakan di 2019 mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Efraim juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Malaka yang telah memberikan perhatian terhadap pembangunan di wilayah kecamatan Malaka Barat di 2018 ini.

Tahun ini pemkab Malaka mengalokasikan anggaran untuk pengerjaan jalan Hotmmix lingkar besikama, rehab lapangan sepak bola, peningkatan jalan besikama-sukabilulik, penataan kawasan pantai Abudenok, Lapen jalan raya menuju pantai Abudenok, dan pembangunan sarana penunjang di pantai Abudenok.

Adrianus Bria Seran, Ketua DPRD Malaka mengatakan, siap mengawal dan memperjuangkan program usulan prioritas hasil musrenbang tingkat kecamatan Malaka Barat. Ia mengaku, apa yang menjadi usulan prioritas memang menjadi kebutuhan masyarakat Malaka Barat yang harus dikerjakan pemerintah untuk mempercepat pembangunan di wilayah tersebut.

“Sebagai wakil rakyat, tentunya apa yang menjadi aspirasi masyarakat akan kita perjuangan. Kehadiran kami saat musrenbang juga menjadi bagian dari menjaring aspirasi masyarakat untuk dibawa dalam sidang bersama pemerintah sehingga bisa diperhatikan,” tutur pria yang akrab dipanggil Raja malaka ini. (Deddy Klau)