Masyarakat Apresiasi Pembangunan Ruas Jalan Besikama-Sikun-Oan Mane

oleh -2.163 views

Besikama,Likuraionline.com-–Masyarakat Kecamatan Malaka Barat mengapresiasi pembangunan jalan dari Besikama ke Sikun hingga Oanmane.

Ruas jalan yang rusak akibat diterjang banjir benenai kini mulai diperbaiki (di hotmix) oleh Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas PUPR Kabupaten Malaka.

Perbaikan ruas jalan sepanjang 3,6 kilometer yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Malaka Barat itu dibiayai dengan Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2010 senilai Rp 10 Miliar.

Bupati Malaka dr. Stefanus Bria Seran,MPH saat memantau pekerjaan ruas jalan Besikama-Sukabilulik, Senin 1/10/2018 mengatakan, dengan diperbaikinya ruas jalan penghubung Besikama-Sikun-Oan Mane diharapkan bisa memudahkan arus mobilisasi warga demi meningkatkan pendapatan serta perekinomian warga.

“Dengan dibangunnya jalan ini, kita harapkan bisa mempermudah serta mempercepat mobilisasi masyarakat ketika akan memasarkan hasil pertanian demi meningkatkan ekonomi masyarakat” ujarnya.

Pencetus Program RPM ini menambahkan, Selain memperbaiki ruas jalan penghubung Besikama-Sikun-Oan Mane juga akan dibangun beberapa embung atau sejenisnya sehingga bisa menampung air pada musim hujan serta bisa digunakan untuk mengairi lahan pertanian masyarakat saat musim kemarau.

Camat Malaka barat, Efraim Bria Seran ketika dikonfirmasi mengatakan dirinya merasa bangga dan senang karena pemkab malaka sudah memberikan perhatian khusus untuk pembangunan di kecamatan malaka barat sehingga mempermudah akses masyarakat apalagi pemkab malaka di bawah kepemimpinan bupati SBS berencana untuk menata kecamatan malaka barat menjadi kota kecil di kabupaten malaka .

Selain itu Efraim, begitu sapaan akrabnya menambahkan dengan dibangunnya jalan penghubung Besikama -Sikun Sukabilulik ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat dari beberapa desa disekitarnya ketika akan memasarkan hasil pertanian mereka.

“Selama ini masyarakat mengeluh karena tidak bisa memasarkan hasil pertanian ke pasar karena kondisi jalan yang rusak sehingga masyarakat harus membayar lebih ketika akan menjual hasil pertanian ke pasar”.

Terpisah, Adriana Luruk warga desa Oan Mane ketika dikonfirmasi media ini mengatakan, dirinya merasa senang karena pemerintah kabupaten malaka telah mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki ruas jalan penghubung besikama-Sikun-Oan Mane yang selama ini rusak karena tertimbun endapan lumpur dan pasir akibat banjir dari sungai benenai yang terjadi pada beberapa tahun yang lalu”.

Selain itu tambahnya, jalan ruas besikama oanmane merupakan jalan utama yang sering dilalui para pelajar dari desa sikun dan desa oan mane pada musim hujan tidak bisa dilalui kenderaan karena kondisi jalan yang dipenuhi lumpur.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa ruas jalan penghubung sikun oan mane rusak karena tertutup endapan lumpur dari banjir benenai yang sering melanda wilayah malaka beberapa tahun yang lalu. Hal ini mengkibatkan lumpuhnya arus transportasi dari dan menuju desa sikun dan oan mane.(Deddy Klau)