Kapolres Belu Minta Masyarakat di Daerah Perbatasan Tanamkan Nilai Luhur Pancasila

oleh -2.244 views
Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.IK., M.Si.

Atambua, Likuraionline.com– Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing,SIK.,M.Si meminta kepada masyarakat yang ada Perbatasan Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka untuk selalu menanamkan nilai – nilai luhur yang terkadung di dalam Pancasila.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu kepada wartawan www.likuraionline.com saat memperingati hari lahirnya Pancasila Tahun 2018  di Kabupaten Belu, Provinsi NTT Jumat  (01/06/2018).

Sebagai Kapolres yang bertugas di tapal batas negara RI-RDTL, dirinya menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka untuk memiliki jiwa dan semangat Patriotisme dengan menjunjung tinggi nilai – nilai luhur Pancasila.

Dikatakan, Tema umum peringatan Hari Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni 2018  adalah ‘Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi dan Berprestasi’.

“Di hari lahirnya Pancasila, diharapkan kepada seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Belu dan Malaka selalu menanamkan  jiwa Patriot dengan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila,” jelas Christian.

Christian Tobing juga menjelaskan, nilai – nilai luhur yang ada dalam Pancasia sebagai dasar negara Indonesia, terkandung dalam lima sila  Pancasila.  Dari kelima sila tersebut dijabarkan secara rinci dalam butir-butirnya sehingga diperoleh suatu tujuan yang mulia untuk  memperkokoh pemahaman tentang Pancasila.

“Pemahaman nilai – nilai luhur dari Pancasila itu harus ditumbuhkan dalam diri setiap kita sebagai rakyat bangsa Indonesia  dengan menjaga Semboyan Bhineka Tunggal Ika.  Bhineka Tunggal Ika memiliki arti keanekaragaman bangsa Indonesia, ‘Berbeda-beda tetapi tetap satu’. Pada hakikatnya melalui semboyan tersebut bangsa Indonesia tetap menjadi satu kesatuan,”katanya.

“Kita harus mempunyai rasa persatuan dan kesatuan walaupun kita berbeda budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan tetapi kita tetap Indonesia”, tegas Kapolres Chriatian Tobing.

ia juga menegaskan, kepada setiap pribadi untuk menjadikan pancasila sebagai alat pemersatu yang menumbuhkan semangat nasionalisme sehingga dapat memberikan keteladanan akan nilai luhur Pancasila dalam pergaulan bermasyarakat melalui sikap dan perilaku masing – masing.

Sebagai Kapolres Belu, Christian Tobing kembali menghimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah Polres Belu (Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka) bahwa dengan peringatan hari lahir Pancasila, kiranya masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tapal batas RI – RDTL dalam menjunjung tinggi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Ronny)