Kadis Pariwisata NTT Apresiasi Analisis Pariwisata Dari Politeknik Negeri Kupang

oleh -2.185 views

Kupang, Likurai Online.com – Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi NTT Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si memberikan apresiasi untuk penelitian dan riset yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Kupang terkait analisis kecendrungan minat wisatawan berkunjung ke Provinsi NTT.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si dihadapan para peneliti, perwakilan dari Dinas terkait, sejumlah pelaku-pelaku pariwisata yang ada di Provinsi NTT, Wartawan dan akademisi pada kegiatan seminar analisis kecenderungan minat wisatawan berkunjung ke Provinsi NTT yang bertempat di Aula pertemuan Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Kamis (04/01/2018).

Jelamu menambahkan dari hasil riset dan penelitian ini kiranya menjadi masukan-masukan yang positif bagi Dinas Pariwisata Provinsi NTT untuk terus melakukan pembenahan-pembenahan kedepannya agar pada akhirnya dapat lebih menarik minat wisatawan baik mancanegara maupun domestik ke obyek-obyek wisata di NTT.

“Hasil riset ini juga merupakan masukan yang positif pula kepada para seluruh pemangku kepentingan di Provinsi NTT baik Dinas Pariwisata, Asita, PHRI, Stage Holder, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan sebagainya “, kata Jelamu.

Dirinya memberikan apresiasi untuk semua penilaian dan masukan dari riset yang menggunakan teknik sampling accidental ini.

“Terima kasih kepada para peneliti karena seluruh bagian di Provinsi NTT terjangkau melalui riset ini,”jelas Jelamu.

Ia menjelaskan, Metodologi yang digunakan dalam riset dan penelitian ini juga bagus sekali dan termasuk dalam kategori general riset yang memberikan gambaran secara umum bagaimana persepsi wisatawan domestik, Internasional dan wisatawan lokal dengan sebaran-sebaran yang sangat menarik meliputi Pulau Timor, Flores, Sumba.

Untuk diketahui para peneliti dari Politeknik Negeri Kupang ini yaitu Adrianus Amheka, S.T, M.Eng, Ph.D (Ketua/Dosen Politeknik Negeri Kupang), Prof. Dr. I Gusti. Bagus Arjana, M.S (Anggota/Dosen FKIP dan PPs Undana Kupang), Marthen Dangu Elu Beily, ST.,M.Sc (Anggota/Dosen Politeknik Negeri Kupang).

Hasil analisis kecenderungan minat wisatawan berkunjung ke Provinsi NTT yang diambil para peneliti dalam kurun waktu Maret sampai dengan Juni 2017 ini memberikan gambaran sejauh mana data wisatawan baik mancanegara dan domestik yang mengunjungi NTT.

Tujuan kunjungan wisatawan, destinasi obyek wisata di NTT yang diminati wisatawan serta rekomendasi baik untuk masyarakat, wisatawan, pelaku bisnis dan jasa pariwisata.

Pemerintah/Dinas Pariwisata, para tokoh seni dan budayawan, tokoh agama serta sejumlah gambaran data terkait pariwisata lainnya.(Rolin Pekaata)