Ini Pesan Bupati Belu Dalam Kegiatan Pelatihan Paskibra Angkatan 73

oleh -2.810 views

Atambua, likuraionline.com–Pemerintah Kabupaten Belu melakukan pembukaan pelaksanaan kegiatan pelatihan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Angkatan 73 Tingkat Kabupaten Belu Tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gor L.A Bone Atambua tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Belu Willybrodus Lay melalui Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Belu, Maria Goreti Kiik, Jumat (20/07/2018).

Disampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para anggota paskibra secara baik dalam menyambut HUT RI 73, menanamkan semangat patriotisme, serta meningkatkan kedisiplinan dan penguasaan pasca pengibaran bendera.

Bupati Willy melalui sambutan yang dibacakan Asisten I, Maria Goreti Kiik mengatakan bahwa anggota Paskibraka merupakan siswa-siswi terpilih yang mempunyai talenta kepribadian, kemampuan dan kecerdasan.

“Anggota Paskibraka adalah pelajar pilihan melalui seleksi ketat. Kalian-lah yang dipercayakan untuk mengibarkan bendera Merah Putih di Atambua tahun ini”, jelas Maria.

Oleh karena itu anggota Paskibraka yang terpilih, harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, ber-etika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi pula.

Dijelaskan bahwa dalam pembinaan Paskibraka hal yang paling utama adalah pembentukan karakter yang berjiwa Merah Putih.

“anqggota Paskibraka harus miliki jiwa Merah Putih serta siap mengabdi dan berbakti bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta”, imbuh Asisten I Goreti.

Selain itu, anggota Paskibraka merupakan salah bagian dari generasi muda Indonesia yang selalu terus membina diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara serta memiliki wawasan yang luas.

Sebagai anggota Paskibraka, mereka dituntut kokoh dalam kepribadiannya dimana dapat mengembangkan kepribadian, kepemimpinan, semangat kerja keras dan nilai kepeloporan dalam diri.

Ia juga meminta agar para peserta Paskibraka selalu dapat menjaga kekompakan tim karena dalam pelatihan tersebut membutuhkan pengertian dan saling menghargai agar berhasil baik.

“Kesehatan dan kondisi fisik juga harus selalu dijaga karena peserta Paskibraka akan terus di forsir meningkatkan kemampuan dalam baris berbaris”, jelas Maria Goreti.

Perlu diketahui bahwa pasukan yang dipersiapkan sejak hari ini akan menjalankan tugas mereka pada detik-detik proklamasi upacara peringatan HUT RI 73 di lapangan umum kota Atambua.

Siswa-siswi SMA/SMK yang terpilih menjadi anggota Paskibraka kabupaten Belu sebanyak 77 orang yang terdiri dari Putra sebanyak 40 orang dan Putri 37 orang serta berasal dari 27 SMA/SMK yang ada di seluruh Kabupaten Belu.

Pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung sejak tanggal 20 Juli sampai m 18 Agustus 2018 dengan Pelatih yang terdiri dari aparat TNI dan Polri sebanyak 10 orang. (Ronny Christian)