Hasil Panen Padi di Poktan Sinar Weliman Meningkat Dua Kali Lipat

oleh -2.339 views

Weliman,Likuraionline.com–-Ketua Kelompok tani (Poktan) Sinar Weliman, Desa Laleten,Kecamatan Weliman, Ferdinandus Seran merasa sangat senang dan bangga karena hasil panen padi di lahan kelompoknya meningkat dua kali lebih banyak dibandingkan dengan hasil panen sebelumnya.

“Setelah menggunakan metode tanam jajar legowo, Hasil panen padi musim tanam pertama (MT 1) tahun ini sangat baik dan meningkat dibandingkan dengan hasil panen sebelumnya”.

Hal itu disampaikan Ferdinandus Seran ketua kelompok tani Sinar weliman usai dilakukan ubinan dilahan miliknya di weliman selasa,15/5/2018.

Ferdi menambahkan, Pola tanam jajar legowo(Jarwo) sangat bagus dan terbukti bisa meningkatkan hasil panen karena sebelumnya kami hanya bisa memanen padi sebanyak 3 – 3,5 ton per hektar, tetapi setelah menggunakan pola tanam jajar legowo, kami bisa memanen padi sebanyak 7 ton per hektar.

“Atas bantuan dan pendampingan yang intensif dari dinas pertanian melalui PPL dan Mantri tani sehingga hasil panen padi musim tanam pertama (MT 1) meningkat drastis,”ujar Ferdy.

Sementara itu Yeremias Nahak, PPL Pertanian desa Laleten mengatakan, “Hari ini kita melakukan ubinan di lahan milik ketua poktan sinar weliman dan ternyata hasilnya sangat memuaskan.

Dari ubinan yang kita lakukan, ternyata satu hektar lahan bisa menghasilkan 7 ton padi dengan pola tanam jajar legowo,”katanya.

“Selama ini kita selalu memberikan pendampingan kepada anggota kelompok tani didesa laleten baik untuk petani lahan kering maupun lahan basah”.pungkasnya.

Untuk diketahui, Kelompok tani sinar weliman memiliki lahan seluas 25 ha

(Deddy Klau)