Hadiri Pelantikan Pengawas TPS,Ini Pesan Ketua Panwaslu Malaka.

oleh -5.826 views

Betun,Likuraionline.com–-Dalam rangka melaksanakan amanat UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Panitia Pengawas Pemilihan Umum kecamatan (Panwascam) Malaka Tengah menggelar acara Pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara di aula kantor camat malaka tengah sabtu, 2/5/2018.

Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) diharapkan untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) secara baik agar bisa memahami secara benar aturan pengawasan pemilu.

Jika PTPS tidak memahami aturan pengawasan maka sia-sia saja kehadiran pengawas di TPS.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek dalam sambutannya saat acara pelantikan anggota PTPS se-Kecamatan Malaka Tengah.

Menurut Petrus, Pengawas TPS bertugas mengawasi seluruh proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Saat melakukan pengawasan, PTPS harus berpegang teguh pada aturan-aturan pengawas pemilu.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pengawasan, perlu dilakukan bimtek sebagai bekal dalam melaksanakan tugas.

Ketua Panwascam Malaka Tengah, Rofinus Leki, Dalam arahannya mengatakan, pengawas jangan menjadi penonton ketika ada persoalan yang terjadi di TPS.

Pengawas TPS juga mengecek surat undangan (C 6) tiga hari sebelum hari pencoblosan (H-3) berlangsung.

Selain itu Leki menambahkan, Pengawas TPS diingatkan untuk tidak terlibat sebagai tim paslon saat berkampanye akan tetapi bertindak sebagai pengawas pemilu demi mendapatkan hasil pemilu yang berkualitas.

Rohaniwan Katolik Romo Marselinus Nai Kei, Pr berpesan kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang baru dilantik untuk bekerja dengan baik dan penuh tanggungjawab.

“Saya berpesan agar bekerja dengan baik dan bertanggungjawab. Di pundak saudara, negera berikan tugas untuk mengawas pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT,” kata Romo Marsel.

Pesan ini disampaikan Romo Marsel saat memberikan peneguhan kepada anggota PTPS yang dilantik,Menurut Romo Marsel, Pengawas TPS yang sudah dilantik dan diambil sumpah harus bekerja dengan baik dan bertanggungjawab.

Pesan yang sama juga disampaikan saksi rohani dari Agama Protestan dan Agama Islam kepada anggota Pengawas TPS.

Pantuan awak media ini,usai pelantikan dan penggambilan sumpah dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas serta bimbingan teknis(Bimtek).

Untuk diketahui, jumlah Pengawas TPS Kecamatan Malaka Tengah yang dilantik sebanyak 65 orang dan mengenakan pakaian adat.

Hadir pada acara pelantikan tersebut antara lain, Ketua Panwas Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek, rohaniwan dan Pejabat TNI/Polri.(Deddy Klau)