Dukung Program RPM, DKPP Malaka Kembangkan Budidaya Itik dan Kambing

oleh -2.756 views
Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Malaka DR.Yohanes Bernando Seran memantau budidaya itik di Bakateu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka-NTT.

Betun,Likuraionline.com—Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Malaka terus mengembangkan budidaya  itik  dan kambing.

Pada Tahun 2019, DKPP Malaka akan mengadakan 10.000 ekor itik  dan 2.500 ekor  kambing untuk di bagikan kepada Kelompok Masyarakat yang ada di Kabupaten Malaka.

Pengadaan Itik dan  Kambing oleh DKPP Malaka ini untuk mendukung Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) yang merupakan Program Prioritas Bupati Malaka dr.Stefanus Bria Seran,MPH.

Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Malaka DR.Yohanes Bernando Seran memantau budidaya itik di Bakateu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka-NTT.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Malaka, DR.Yohanes Bernando Seran kepada media ini di Betun kamis, 6/12/2018

Nando Seran begitu sapaannya menjelaskan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menangani tiga komoditi yakni Itik, Kambing dan Tambak ikan bandeng.

Tetapi pada Tahun 2019 DKPP Malaka  fokus mengembangkan dua komuditi yakni  budidaya Itik dan budidaya Kambing.

Sementara pengembangan tambak ikan bandeng akan dihentikan sementara karena daerah pesisir pantai di Malaka akan digunakan sebagai lahan tambak garam.

Ia menjelaskan, Pada  tahun 2017 lalu, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Malaka mengadakan itik sebanyak 2.500 ekor dan kambing 500 ekor akan tetapi pihak ketiga hanya mampu menyiapkan 600 ekor itik dan 125 ekor kambing.

“Kita sudah bagikan 600 ekor itik dan 125 ekor kambing di tiga kelompok ternak itik yakni 250 ekor di desa Bakateu, 200 ekor di desa Umakatahan, 150 ekor di desa Maktihan,”katanya.

Sedangkan untuk Kambing pengadaannya  sebanyak 500 ekor, tetapi pihak ketiga hanya mampu adakan 125 yang sudah terbagi kelima kalompok yang ada di Kecamatan Malaka Timur dan Kecamatan Sasitamean.

(Deddy Klau/user)