Dinkes Malaka Gelar Sosialisasi Jampersal Bagi Puskesmas dan Rumah Sakit

oleh -2.094 views

Betun, LikuraiOnline.com – – Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Kesehatan terus berupaya untuk membenahi dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Fransiskus X. Fahik, ST Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka disela acara Sosialisasi Jaminan Persalinan (JAMPERSAL) bagi Puskesmas dan Rumah Sakit di betun Kamis, 20/12/2018.

Fransiskus X. Fahik yang akrab disapa Ferry menambahkan tujuan Sosialisasi Jaminan Persalinan (JAMPERSAL) bagi Puskesmas dan Rumah Sakit, untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan ketika memberikan pelayanan terhadap ibu hamil yang melahirkan di Puskesmas maupun rumah sakit.

Pemerintah pusat sudah mengalokasikan anggaran untuk biaya persalinan melalui Jampersal bagi masyarakat yang tidak memiliki jaminan kesehatan apapun seperti KIS,JKN dan Lainnya.

Bila dilayani dengan e-KTP yang dibiayai oleh pemda maka akan membebani anggaran daerah karena itu kita sarankan agar menggunakan jampersal.

Disarankan agar pasien menggunakan jampersal sehingga tidak membebankan anggaran daerah. Sehingga anggaran daerah bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti kegiatan fisik dan lainnya.

Lebih jauh Ferry menambahkan, Ada kendala secara teknis untuk klaim ada beberapa persyaratan saat ferivikasi

Harapannya agar bidan dan koordinator bidan di puskesmas menyampaikan kepada masyarakat / pasien tentang manfaat Jampersal.

Apabila ada pasien yang dirujuk dari puskesmas ke RSPP Betun dan harus dirujuk lagi ke Rumah Sakit di atambua atau kupang, maka petugas RSPP betun yang melakukan rujukan bukan lagi petugas dari puskesmas.

Ada beberapa kendala misalnya belum ada kesamaan persepsi dari teman2 di puskesmas sehingga saat dilakukan verifikasi ada beberapa berkas persyaratan yang kurang sehingga harus dilengkapi lagi.

Peserta kegiatan, Kepala Puskesmas, Dokter, Perawat dan Bidan di lingkup Dinas Kesehatan kabupaten malaka(Deddy Klau)