Desa Muke Prioritaskan Rumah Layak Huni Untuk Masyarakat

oleh -3.135 views

Malaka,Likuraionline.com--Pemerintah Desa Muka, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka terus berupaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan rumah layak huni.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut, setiap tahun pihaknya mengalokasikan anggaran untuk membangun Rumah layak huni untuk masyarakat.

“Sebagai kepala wilayah ditingkat desa, saya akan berusaha untuk menjawab kebutuhan pokok masyarakat desa Muke akan rumah layak huni.Hal ini dikarenakan hampir keseluruhan rumah warganya saat ini rusak parah dan sangat memprihatinkan.,”Demikian dikemukakan Kepala Desa Muke, Martinus Tonas kepada wartawan likuraionline.com selasa, 27 Februari 2018.

 

Ia menjelaskan, Masyarakat desa Muke  sangat membutuhkan rumah layak huni karena kondisi rumah warga pada umumnya sudah rusak dan perlu direnovasi.

Hal ini lanjutnya, sangat dirasakan warga desanya yang notabene bermata pencaharian sebagai petani atau pekebun.

Untuk mengatasi kerusakan rumah warga desanya,  pemerintah akan mengalokasikan anggaran untuk merenovasi rumah-rumah warga yang rusak tersebut.

“Setiap tahun kita mengalokasikan anggaran untuk renovasi rumah warga karena disini rata-rata atapnya terbuat dari daun gewang san berdinding bebak serta berlantai tanah bahkan ada beberapa warga yang rumahnya sudah miring karena tiang penyanggahnya yang sudah lapuk karena termakan usia.

Tinus, begitu sapaannya melanjutkan, tahun ini pihaknya  mengalokasikan anggaran melalui Dana Desa dan ADD untuk merenovasi 25 unit rumah.

“Kita juga sudah mengusulkan melalui musdus dan musrenbangdes.Kita selalu koordinasikan dan terus perjuangkan melalui musrenbangcam dan musrenbangkab dengan harapan bisa diakomodir oleh pemerintah melalui anggaran di Kabupaten hingga pusat karena masih banyaknya rumah warga yang perlu direnovasi,”katanya.

Ia menambahkan, beberapa waktu  lalu masyarakat desa Muke sudah melaksanakan Musrenbangdes. Dari musrenbangdes tersebut 90 persen masyarakat yang hadir dan mengusulkan bantuan rumah layak huni sebanyak 100 unit .

Selain memprioritaskan 100 unit rumah layak huni, desa muke juga mengusulkan jalan usaha tani sepanjang 2,5 km, Paronisasi, Sapi bibit, Bronjong, sertapembangunan 7 Ruang Kelas Baru (RKB)

“Kita harapkan agar pemerintah daerah bisa membantu mengakomodir kebutuhan masyarakat yang telah kita sampaikan. Kita juga sangat mengharapkan bantuan pemerintah melalui intervensi dana dari Kabupaten,Provinsi maupun pemerintah pusat,”ujarnya penuh harap. (Deddy Klau)