Bupati Malaka Tanda Tangan MOU Dengan Kementan RI Terapkan Teknologi Pertanian Modern

oleh -1.672 views

Jakarta,Likuraionline.com- Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran,MPH  menandatangani MOU dengan Kementrian Pertanian untuk terapkan teknologi pertanian modern mulai dari pengolahan lahan, penanaman hingga Panen.

Untuk mewujudkan niat diatas Kementrian Pertanian RI menugaskan BPTP untuk melakukan pendampingan agar program itu berjalan sesuai harapan.

Bupati Malaka,Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan usai penandatanganan MOU dengan Kementan melalui Balai Besar Penerapan Tehnologi Pertanian Jakarta di Jakarta, (28/9-2018).

Dijelaskannya , penandatanganan MOU itu sebagai awal yang bagus untuk membangun pertanian secara modern di Kabupaten Malaka

“Kita tetap lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa memiliki ilmu yang memadai untuk menjalankan program itu”

“Ini bukan sesuatu yang gampang memberikan pendidikan kepada rakyat namun kita harus memulainya”

“Kementan sudah menugaskan BPTP untuk mengawal penerapannya di Kabupaten Malaka”

“BPTP akan datang melihat komoditi apa yang bisa menggunakan teknologi pertanian modern dan melakukan penyiapan masyarakat dalam aspek pemanfaatan teknologinya”

” Yang jelas, kalau menggunakan mekanisasi pertanian maka sangat membantu rakyat dan ada penghematan luar biasa”.

“Tadi Bapak Mentri Pertanian memberikan gambaran yang sangat bagus tentang hal itu”

Bupati SBS mengingatkan Pemimpin itu tugasnya menyebarkan optimisme kepada rakyat bukan meracuni pikiran rakyat.

“Yang diributkan kenapa baru sekarang saat rakyat berkelimpahan , kenapa tidak dari dulu diributkan”

“Yang diributkan kok panen berkelimpahan dan bingung dengan pemasaran”.

“Contoh untuk konsumsi bawang merah Kabupaten Malaka saja hanya andalkan produksi tahun ini tidak mencukupi selama setahun.

Mengapa panen berkelimpahan diributkan? Kalau waras dan cerdas justru yang diributkan itu mengapa tidak lakukan hal ini sedari dulu, mengapa dieranya Bupati SBS DA baru muncul produk-produk ini?”

“Karena definisi RPM : upaya yang sungguh-sungguh, dengan cara luar biasa dan dalam waktu sesingkat-singkatnya rakyat berkelimpahan makanan”

“Konsep operasionalnya, rakyat yang memiliki tanah dan karena tidak memiliki kemampuan dalam pengolahan tanah maka pemerintah membantu mengolahnnya, rakyat yang tidak memiliki bibit unggul,pupuk dan obat-obatan maka pemerintah menyiapkan dan memberikannya kepada rakyat tanpa dipungut biaya sepeserpun dan yang terpenting hasil panenannya semuanya dinikmati rakyat”

“Bupati himbau kepada rakyat agar jangan terlantarkan sejengkal tanahpun di Malaka tetapi harus diolah dan ditanami tanaman produktif”

“Jangan takut hasil yang berkelimpahan karena tidak ada bahan makanan yang sia-sia karena semuanya dibutuhkan makhluk hidup”

“Orang urus pertanian itu prospeknya sangat baik. Buktinya, dari 10 orang terkaya di Indonesia 8 orang diantaranya bergerak dibidang pertanian. Jadi jangan remehkan urusan pertanian” (boni atolan/user)