BPJN X Kupang Kembali Usulkan Jembatan Maiskolen dan Jalan Kolbano Boking

oleh -2.714 views
Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1, pada BPJN X Kupang, Rahyudi Khalid,ST.,MT

Kupang,Likuraionline.com—Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (Satker SNVT) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1, kembali mengusulkan pembangunan Jembatan Maiskolen di ruas Jalan Batu Putih-Panite, Kabupaten Timor Tengah Selatan ke Pemerintah Pusat untuk dialokasikan Anggaran pada Tahun Anggaran 2019 mendatang.

Selain Jembatan Maiskolen, BPJN X Kupang juga mengusulkan pembangunan Jalan Kolbano-Boking sepanjang 9 kilo meter untuk ditangani pada tahun anggaran 2019 mendatang.

Demikian disampaikan Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1, Rahyudi Khalid,ST.,MT kepada wartawan www.likuraionline.com Jumat, 29 Agustus 2018.

Ia menjelaskan,  Balai Jalan Nasional X Kupang sudah beberapa kali mengusulkan pembangunan jalan dan jembatan di jalur selatan dari Batu Putih hingga ke Boking Kabupaten TTS, namun tidak semua usulan diakomodir.

“Tiap Tahun kita usulkan Pembangunan Jalan dan Jembatan di jalur Selatan Pulau Timor ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun, tidak semua usulan diakomodir,”katanya.

Ia menjelaskan, pada Tahun 2017, BPJN X Kupang mengusulkan pembangunan beberapa jembatan di jalan lintas selatan, termasuk Jembatan Maiskolen, namun yang diakomodir adalah Jembatan Sahan di Kecamatan Boking, Kabupaten TTS.

“Dana untuk pembangunan Jembatan Sahan sudah ada. Saat ini sedang dilakukan proses tender untuk penanganan jembatan tersebut selama dua tahun kedepan,”katanya.

Untuk dikethui, Jalur Lintas selatan Pulau Timor sejak dibangun oleh pemerintah pusat beberapa waktu lalu menjadi jalur alternatif bagi masyarakat TTS dan masyarakat Malaka yang hendak ke Kupang dan sebaliknya. Geliat ekonomi di sepanjang jalan terus bertumbuh.

Hingga saat ini masih tersisa sejumlah jembatan yang belum ditangani termasuk jembatan Maiskolen yang lantainya sudah rusak. Selain itu, masih tersisa 9 kilo meter jalan di ruas Kolbano-Boking, Kabupaten TTS yang betum ditangani. (User)