Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia Baru Melayani Rute Domestik

oleh -2.480 views

Boeing 737 Max 8 seri PK GDA merupakan pesawat B737 MAX 8 pertama dari total 50 pesawat yang dipesan Garuda. Pesawat tersebut tiba pada 26 Desember 2017 dan dioperasikan pada 1 Januari 2018.

“Ini kan masih tahapan awal untuk pesawat ini, masih untuk penerbangan rute Jakarta-Surabaya domestiknya,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury saat ditemui di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (7/1/2018).

menjelaskan, alasan pesawat tersebut masih melayani penerbangan domestik ke Surabaya yakni ingin memastikan jika ada kendala teknik pada pesawat.

“Kita memastikan di kota tersebut ada ketersediaan parkir, teknisi, dan spare part. Surabaya ini station besar untuk GMF dan melayani berbagai maskapai,” katanya.

Meski demikian, Pahala mengatakan ke depannya pesawat B737 MAX 8 ini akan dioperasionalkan melayani penerbangan rute internasional dan memastikan segala persiapan dengan baik.

“Kita mempersiapkan terbang secara internasional. Optimalnya (pesawat B737 MAX 8) terbang di atas empat jam, agar penghematan bahan bakar bisa terasa. Bersamaan dengan waktu dan izin regulator setempat ada satu negara. Kita sedang preview teknis kesiapannya,” ujar Pahala.

Untuk rute internasional, Pahala enggan menjelaskan lebih lanjut. Namun, dia memastikan bahwa rute internasional untuk pesawat B737 MAX 8 dilakukan penerbangan dengan waktu tempuh selama kurang lebih empat hingga enam jam.

Kursi ekonomi pesawat Boeing 737 MAX 8 Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Aceh, Minggu (7/1/2018).

Pesawat B737 MAX 8 yang dioperasikan Garuda Indonesia dirancang sebagai pesawat yang efisien bahan bakar dan nyaman bagi penumpang dengan suasana kabin yang lebih senyap. Kemudian juga pada daya jelajah terbang mulai 340-570 mil laut lebih jauh, menjadi 3.500 mil laut atau 6.500 kilometer.Selain itu, di pesawat B737 MAX 8 terdapat desain winglet terbaru, yang dinamakanscimitar winglet. Ujung sayap pesawat nampak terbelah dua, yang satu menjulur ke atas dan satu ke bawah.