Anggota DPR RI Kerjasama dengan Dinkes Kota Kupang Gelar Sosialisasi Germas Kepada Masyarakat

oleh -2.443 views
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Anita Jacoba Gah, SE saat berdialog dengan kader Posyandu di Kota Kupang pada kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang diselenggarakan di Gereja Galed Kelapa Lima Kota Kupang

Kupang,LikuraiOnline.com— Anggota DPR RI  dari Fraksi Partai Demokrat Anita Jacoba Gah, SE bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Balai POM menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Kepada masyarakat Kota Kupang. Kegiatan yang digelar di Gereja Galed, Kelapa Lima Kota Kupang itu dihadiri  ratusan Kader Posyandu.

Anggota DPR RI  dari Fraksi Partai Demokrat Anita Jacoba Gah, SE di hadapan ratusan kader Posyandu yang mengikuti kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang diselenggarakan Komisi IX DPR RI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Badan POM yang diselenggarakan di Gereja Galed Kelapa Lima Kota Kupang, Kamis  pekan lalu mengatakan, Kader Posyandu berperan sebagai ujung tombak penyuluhan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat ditingkat bawah. Untuk itu, Kader Posyandu perlu diberikan perhatian dan dukungan dari Pemerintah.

Anita Gah menambahkan, kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) merupakan kegiatan yang sudah terpogram oleh komisi IX DPR RI. Dalam melaksanakan sosialisasi Germas kepada masyarakat DPR RI bermitra dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Badan POM.

Ia mengatakan, Kegiatan Sosialisasi Germas sudah tiga kali dilakukan yakni di Fatukoa dan Kabupaten Rote Ndao dan saat ini diselenggarakan di Kota Kupang. Kedepan kegiatan direncanakan akan diadakan di Kabupaten Kupang dan berlanjut ke Kabupaten lainnya di NTT.

Menurutnya, dari sektor kesehatan yang berkembang saat ini, persoalan meningkat nya penyakit tidak menular seperti Stroke, jantung dan lain sebagainya cukup menjadi persoalan serius bagi bangsa ini.

Dari hasil penelitian persoalan ini disebabkan karena pola hidup masyarakat. Untuk itu, pemerintah mencari jalan keluar dan solusinya guna memberikan pemahaman dan meningkatkan kesadaran masyarakat guna dapat secara nyata menciptakan pola hidup sehat dan dapat terhindar dari penyakit tidak menular, salah satunya yaitu lewat kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat ini,

“Lewat kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat ini saya mengharapkan banyak masyarakat yang dapat menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat serta dapat lebih memahami akan bahaya penyakit tidak menular,” pungkas Anita.

Ditempat yang sama Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kupang Rudi Priyono, SKM., M.Kes mengatakan tujuan dari kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yakni untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat Kota Kupang menuju masyarakat sehat dan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas kesehatan lewat pola hidup sehat.

” Kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) terselenggara berkat kerjasama antara Komisi IX DPR RI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Badan POM “, kata Rudi.

“Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah para kader Posyandu yang ada dan tersebar di Kota Kupang dan jumlah kader Posyandu yang mengikuti kegiata sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat yang di selenggarakan saat ini kurang lebih mencapai 300 orang kader Posyandu, jelas Rudi.

Kegiatan sosialisasi ini perlu dilakukan mengingat dengan andanya perkembangan zaman yang begitu sangat cepat sehingga cukup banyak hal yang tidak kita antisipasi dapat berpengaruh pada masalah kesehatan, oleh karena itu diharapkan lewat kegiatan sosialisasi Germas ini masyarakat Kota Kupang dapat menciptakan pola hidup sehat dan dapat terhindar dari penyakit tidak menular yang dimana cukup mengeluarkan biaya seperti jantung, diabetes, kanker dan sebagainya, pungkasnya.(Rolin Pekaata)