Badan POM Kupang Gandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Gelar Sosialisasi Germas di Malaka.

oleh -2.715 views

Betun,LikuraiOnline.Com-—Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka melaksanakan kegiatan Sosialisasi Komunikasi,informasi dan edukasi(KIE) tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman di Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka. Rabu, 20/12/2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka drg. Paskalia Frida Fahik, dalam sambutannya mengharapkan agar masyarakat yang hadir dalam kegiatan sosialisasi dapat meneruskan informasi yang telah diperoleh dan mensosialisasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (Gemas Sapa) kepada masyarakat Malaka lainnya agar mengkonsumsi makanan dan obat-obatan serta produk-produk kosmetik yang baik dan aman kepada warga dan masyarakat lainnya.

Usai memberikan sambutan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka melakukan Penandatanganan Nota Kerja Sama (MOU) dengan Badan POM Kupang mengenai pengawasan obat-obatan dan makanan serta produk-produk kesehatan di Kabupaten Malaka.

Sementara itu, Kepala Badan POM Kupang I Made Bagus Girametha ketika ditemui disela acara sosialisasi tersebut mengatakan tujuan pelaksanaan kegitan ini untuk membangun sistem pengawasan Obat dan Makanan serta produk-produk kesehatan lainnya.

“Kita harapkan kepada masyarakat agar mengetahui cara memilih makanan dan obat-obatan serta produk-produk kesehatan . Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat harus tahu bagaimana memilih produk obat- obatan dan makanan yang aman untuk digunakan atau dikonsumsi,”katanya.

 

ia menjelaskan, setiap produk memiliki kode registrasi tersendiri,diharapkan agar masyarakat jeli dalam memilih produk makanan,obat-obatan serta kosmetik agar masyarakat terhindar dari penyakit yang bisa ditimbulkan oleh produk-produk tersebut.

Masyarakat akan dibekali cara untuk mengecek produk-produk obat dan makanan serta bahan kosmetik antara lain mengecek label dan kemasan serta nomor ijin edar produk tersebut untuk mengetahui apakah produk-produk tersebut legal atau tidak.

 

Kegiatan sosialisasi (KIE) dihadiri Kepala Dinas kesehatan kabupaten Malaka drg. Paskalia Farida Fahik, Kepala Balai POM Kupang Drs. I Made Bagus Gerametta bersama staff Badan POM Kupang,Para Kepala Puskesmas sekabupaten Malaka serta tokoh masyarakat. (Deddy Klau)