Tahun Ini, BPJN X Bangun Jembatan Sahan

oleh -1.638 views
Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 BPJN X Kupang, Rahyudi Khalid,ST.,MT

Kupang,LikuraiOnline.com—Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ditjen Bina Marga, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Provinsi NTT mengalokasikan Anggaran Rp.15 Miliar melalui Satuan Kerja (Satker) Non Vertikal Tertentu Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 pada BPJN X Provinsi NTT untuk membangun Jembatan Sahan di Kecamatan Boking, Kabupaten TTS, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Tahun ini kita akan membangun Jembatan Sahan di Ruas Jalan Kolbano-Boking, Kabupaten TTS. Jembatan Sahan Panjangnya 45 Meter, lebar 9 Meter. Dana yang dialokasikan untuk membangun jembatan Sahan sebesar Rp.15 Miliar,”ungkap Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 pada BPJN X NTT, Rahyudi Khalid.,ST,.MT kepada wartawan www.likuraionline.com Selasa,28 Agustus 2018.

Ia menjelaskan, Pembangunan Jembatan tersebut menggunakan system Multi Years Contract (MYC) selama dua Tahun Anggaran yakni Tahun 2018 dan 2019.  Saat ini, kata dia, panitia tender sedang mempersiapkan administrasi untuk melakukan tender terhadap proyek pembangunan jembatan itu.

“Panitia sudah mempersiapkan berkas untuk dilakukan proses tender untuk selajutnya ditetapkan rekanan pemenang tender untuk mengerjakan jembatan itu selama dua tahun kedepan,”kata Rahyudi.

Mantan Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 ini menambahkan, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X melalui Sakter terus mengusulkan pembangunan beberapa jembatan di Jalan Litas selatan Timor ruas Kolbano-Boking termasuk Jembatan Maiskolen di ruas batu Putih – Panite. Namun yang dijawab baru Jembatan Sahan.

“Tiap tahun kita selalu mengusulkan bebera jembatan di jalan lintas selatan Timor untuk dibangun. Namun karena  pembangunan skala prioritas sehingga yang baru terjawab jembatan Sahan,”katanya.

Untuk diketahui, Saat ini Jalan Lintas Selatan Timor dari Batu Putih, Kolbano, Boking, Malaka hingga perbatasan Mota Masin menjadi jalur alternatif untuk masyarakat. Bahkan, geliat perekonomian di sepanjang jalan lintas selatan tumbuh pesat. (user)